Efek Badai Matahari Lebih parah dari perkiraan


Salam Sahabat Fisika…

Apakah anda merasa bumi akhir-akhir ini suhunya semakin panas??? Yah memang, hal ini merupakan akibat dari peningkatan aktivitas dari matahari kita yang diprediksi akan mencapai puncaknya pada tahun 2012-2013 mendatang. Matahari saat ini berada pada fase yang dinamakan Grand Maximum Solar Tahap Akhir. Semua bukti menunjukkan bahwa Matahari akan segera keluar dari grand solar maximum yang telah berlangsung sejak sebelum dimulainya era antariksa. Para ahli menemukan bahwa Dalam grand solar maximum, puncak siklus bintik matahari 11 tahun lebih besar, dan rata-rata jumlah jilatan api dan hubungannya dengan kejadian seperti coronal mass ejections lebih besar. Di sisi lain, dalam grand solar minimum hampir tidak ada bintik matahari dalam beberapa dekade.

Gambar: Aktivitas Matahari (Image from: NASA)

Difase inilah (Grand solar minimum) yang mempunyai efek paling berbahaya bagi bumi. Hasil Penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Geophysical Research Letters menunjukkan bahwa radiasi akan lebih banyak sampai ke bumi pada fase ini. Hampir bisa dipastikan bahwa jika fase ini terjadi dapat berefek pada seluruh sumber daya yang ada dibumi. Penurunan aktivitas matahari juga memungkinkan lebih banyak radiasi dari bagian lain galaksi untuk memasuki tata surya.

Komunikasi via satelit, transportasi penerbangan, dan saluran-saluran televisi akan merasakan langsung akibatnya. Tentunya kita tidak bisa mencegah peristiwa ini, karena ini merupakan peristiwa alam yang memang secara alamiah terjadi. Yang bisa kita lakukan adalah bersiap untuk menghadapi saat-saat mendebarkan ini. Tidak bermaksud untuk menakuti, karena memang kita tidak bisa lolos dari peristiwa besar ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s