Apa isi dari alam semesta kita?


(Pustaka Fisika). Salah satu tantangan yang paling besar dalam ilmu Fisika saat ini adalah berusaha untuk menjawab dan mencari tahu semua hal tentang alam semesta kita, baik itu yang bereksistensi materi maupun non-materi (energi). Sebetulnya, masih banyak hal tentang alam semesta yang belum kita ketahui sampai saat ini. Menurut hasil survei dari WMAP Sience Team (Wilkinson Microwave Anisotropy Probe), mereka menunjukkan bahwa sebagian besar isi dari alam semesta ini adalah terdiri dari materi gelap dan energi gelap.


Gambar: Diagram Hasil Survei WMAP Sience Team

Gambar diagram diatas merupakan gambar hasil survei pada tahun 2008 yang menggambarkan keadaan dari alam semesta kita hari ini dan pada 13, 7 milyar tahun yang lalu. Diagram ini juga memperlihatkan kejadian evolusi dari materi yang dialam semesta dari waktu ke waktu. Dari data diatas dapat kita lihat bahwa; Atom yang merupakan “Batu Bata” penyusun materi tersisa 4,6% dari jumlah 12% 13, 7 milyar tahun yang lalu, materi gelap terdiri dari 23%, dan energi gelap (yang bertanggung jawab terhadap pemuaian semesta, semacam anti gravitasi)  sebanyak 73%.

Apa yang menarik dari hasil ini? Sepertinya, sebentar lagi alam semesta kita akan berhenti memproduksi materi. Dengan sisa jumlah atom “Batu bata” penyusun materi sebanyak 4,6 % dan jumlah itu dari waktu ke waktu akan terus berkurang. Selanjutnya apa yang terjadi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s