Optika Geometri


(Pustaka Fisika). Opika geometri adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena perambatan cahaya. kali ini kita akan mempelajari hukum-hukum pemantulan dan pembiasan untuk pembentukan bayangan oleh cermin dan lensa.

Cahaya

Indra penglihatan sangat penting bagi kita, karena memberikan sebagian besar informasi mengenai dunia. Hal ini tidak lain karena adanya cahaya yang memasuki mata kita. Bagaimana perilaku cahaya sehingga kita bisa melihat semua yang kita lakukan? Kita melihat benda dengan salah satu dari dua cara:

  • Benda sebagai sumber cahaya, seperti bola lampu, berkas api atau bintang, dimana kita melihat cahaya yang langsung dipancarkan dari sumbernya.
  • Melihat benda dari cahaya yang dipantulkan benda lain.

Model yang mengganggap bahwa cahaya berjalan dengan lintasan berbentuk garis lurus dikenal sebagai model berkas dari cahaya. Menurut model ini, cahaya mencapai mata kita dari setiap titik dari benda, walaupun berkas cahaya meninggalkan setiap titik dengan banyak arah, dan biasanya hanya satu kumpulan kecil dari berkas cahaya yang dapat memasuki mata.

Sifat Cahaya

  • cahaya merambat lurus
  • cahaya menembus benda bening

Hukum Pemantulan Cahaya

Hukum yang terkenal adalah hukum Snellius. Bunyinya:

  • Sinar datang, sinar pantul dan garis normal terletak pada satu bidang datar.
  •  Sudut datang sama dengan sudut pantul Sudut datang adalah sudut yg dibentuk oleh Sinar datang dan Garis Normal Sudut pantul adalah sudut yg dibentuk oleh sinar pantul dan garis normal Garis normal adalah Garis yg tegak lurus terhadap bidang datar.

Cermin Datar

Ketika cahaya menimpa permukaan benda, sebagian cahaya akan dipantulkan dan sebagian yang lain akan diserap, tetapi jika benda tersebur transparan seperti, kaca atau air sebagian cahaya akan diteruskan. Berkas cahaya yang datang ke permukaan yang rata akan dipantulkan kembali, dan ternyata berkas sinar datang dan pantul berada pada bidang yang sama dengan garis normal permukaan.

Sifat-sifat bayangan pada cermin datar

Bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah maya.  Bayangan maya, adalah bayangan yang langsung dapat dilihat melalui cermin, tetapi tidak dapat ditangkap oleh layar. Dalam proses pemantulan cahaya, bayangan maya dibentuk oleh perpanjangan sinarsinar pantul (biasanya dilukis dengan garis putus-putus) yang bertemu di belakang cermin.

Cermin Lengkung

Cermin dikatakan cekung jika permukaan pantulnya ada pada permukaan dalam lengkungan. Cermin yang terlalu melengkung seringkali meng-hasilkan berkas cahaya pantul tidak pada satu titik.

Cermin Cembung

Sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung adalah semu, tegak dan diperkecil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s