Apa Yang Ada Dalam Perut Bumi?


(Pustaka Fisika). Apa yang ada didalam perut bumi yang kita tinggali masih menjadi teka teki sampai saat ini. Sampai saat ini kita belum juga bisa melakukan eksplorasi kedalam perut planet kita. Bahkan sampai hari ini, Kita lebih banyak mempunyai pengetahuan tentang keadaan batuan di Mars, atau keadaan cincin dari planet Saturnus dari pada pengetahuan tentang planet kita sendiri. Kecuali gambaran yang pernah diberikan oleh sebuah Film fiksi ilmiah yang menceritakan ketika Julius Verne menulis tentang perjalanannya menembus sampai kedalam perut bumi. Dia membayangkan sebuah tempat didalam perut bumi kita yang dipenuhi oleh lautan kristal bercahaya dan laut yang bergejolak lengkap dengan hewan dan tumbuhan pra sejarah yang hidup di dalammya.

Pada abad-abad yang lalu para ilmuwan bahkan belum tahu bahwa bumi kita sebenarnya memiliki inti. Sampai muncul pemikiran untuk masuk dan melihat langsung ke dalam perut bumi kita. Secara teori, melakukan perjalanan kedalam inti bumi adalah suatu hal yang mustahil untuk dilaksanakan, karena besarnya tekanan dan suhu didalam perut bumi kita. Bahkan dengan melakukan pengeboran, kita hanya berhasil menembus sampai di kedalaman 12 Km seperti yang pernah dilakukan di Rusia, tentunya ini masih sangat jauh untuk sampai kedalam perut bumi kita. Tetapi berkat kemajuan instrumen pengukuran dan pengamatan saat ini, telah membuka cara baru untuk “menengok” interior dalam dari perut planet ini.

Adalah pemanfaatan gelombang gempa yang menjadi salah satu cara digunakan oleh ilmuwan saat ini. Dengan pemanfaatan gelombang itu, kita mendapatkan sedikit pemahaman tentang struktur dalam planet kita. Setidaknya dengan cara ini, ilmuwan membagi bumi kita kedalam  3 struktur utama yaitu; Inti Bumi, Mantel bumi, dan Kerak Bumi.

Inti Bumi

Berdasarkan study tentang gelombang gempa, inti bumi kita memiliki struktur yang sangat padat. Diperkirakan inti bumi memiliki kepadatan sekitar 5.515 Kg setiap area 1 m kubik.  Material penyusun inti ini diperkirakan terdiri dari material besi yang tercampur dengan material Nikel ditambang dengan unsur metal ringan lainnya. Bahkan ada sebagian ilmuwan yang berspekulasi bahwa inti terdiri dari campuran material emas dan platinum yang memang juga memiliki kepadatan yang sangat besar.

Fakta selanjutnya tentang inti bumi kita adalah bahwa inti ini juga melakukan rotasi tersendiri selain mengikuti rotasi dengan bumi secara keseluruhan.  Bukti terbaru menunjukkan bahwa inti dalam melakukan rotasi sedikit lebih cepat dari pada rotasi permukaan bumi. Setidaknya inilah yang diungkapkan oleh teori dinamo yang mengatakan perputaran inti inilah yang bertanggung jawab terhadap timbulnya medan magnet bumi.

Gambar: Dinamo teori (image: hao.ucar.edu)

Mantel (selubung) Bumi

Mantel bumi mengambil bertanggung jawab menyusun struktur bumi dengan material kesulurahan seluas 2890 Km. Material penyusun Mantel berbentuk silikat yang kaya akan zat besi dan magnesium. Meskipun mantel ini cukup padat dan memiliki suhu tinggi, tetapi mantel ini  cukup cair sehingga kerak bumi dapat dengan bebas mengapung diatasnya.

Gambar: Mantel bumi (Image: pubs.usgs.gov)

Kerak Bumi

Hanya pada bagian ini ilmuwan mendapatkan sedikit lebih banyak pengetahuan tentang bumi. Kerak bumi terbagi menjadi dua bagian, kerak pada bagian tipis disebut dengan kerak samudra memiliki ketebalan sekitar 5-10 km yang terdapat pada cekungan laut, dan bagian kerak yang lebih tebal disebut dengan kerak benua yang memiliki ketebalan sekitar 70 Km. Material-material yang terdapat pada kerak bumi terdiri dari natrium, silikat, kalium, aluminium, dan granit. Batuan sekarang yang terdapat pada kerak bumi diperkirakan terbentuk sekitar 4,4 milyar tahun yang lalu.

Gambar: Kerak bumi (Image: earthquake.usgs.gov)

Advertisements

2 thoughts on “Apa Yang Ada Dalam Perut Bumi?

  1. Pingback: inti bumi 9 « sweetgirlstengkumuazizah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s