Ernest Rutherford: Bangsawan peraih nobel fisika (Biografi)


(Pustaka Fisika). Siapa yang tak kenal dengan Ernest Rutherford. Beliau adalah salah satu tokoh yang paling berperan dalam menjelaskan rahasia dari partikel terkecil yang dinamakan atom. Ernest Rutherford lahir pada tanggal 30 Agustus, tahun 1871, di negara Selandia Baru. Dia adalah anak kedua dalam sebuah keluarga besar yang dihuni oleh tujuh putra dan lima putri. Ia belajar di Sekolah Collegiate Nelson, dan pada tahun 1889 memenangkan beasiswa untuk belajar di Canterbury College, Universitas terkemuka di Selandia Baru. Ia lulus  pada tahun 1893 dengan peredikat penyandang gelar ganda yakni dalam Ilmu Matematika dan Fisika, dan dia melanjutkan dengan penelitian di universitas tersebut. Untuk waktu hampir bersamaan dengaan  gelar Bachelor of Science yang diraihnya.

Pada tahun itu juga, ia dianugerahi Beasiswa pada sebuah Pameran Sains, sehingga memungkinkan dia pergi ke Trinity College di Universitas Cambridge sebagai mahasiswa riset di Cavendish Laboratory di bawah bimbingan Fisikawan terkemuka  JJ Thomson. Di sana, ia melakukan penyelidikan terhadap radioaktivitas, dan ia menciptakan istilah sinar alfa, beta dan gamma. Dia melihat bahwa dalam suatu sampel bahan radioaktif terdapat keteraturan pola tertentu, bahwa selalu aktivitas radioaktif ini selalu mengambil jumlah waktu yang sama untuk setengah sampel untuk melakukan peluruhan dan menciptakan sebuah aplikasi praktis untuk fenomena ini dengan menggunakan laju konstan peluruhan sebagai jam. Beliau kemudian menggunakan teknik ini untuk menentukan usia sebenarnya dari bumi kita yang ternyata jauh lebih tua dari prediksi kebanyakan ilmuwan pada saat itu.

Selanjutnya pada tahun 1911, setelah mempelajari pemantulan partikel alpha yang ditembakkan melalui kertas emas, dia telah membentuk teori nuklir dari atom. Pada bulan Juni 1919, Rutherford mengumumkan keberhasilannya dalam sebuah tulisan tentang disintegrasi nitrogen ke hidrogen dan oksigen melalui penembakan partikel alpha. Rutherford kemudian menghabiskan beberapa tahun dari karirnya untuk melakukan pengembangan akselerator proton (atom smashers).

Gelar kebangsawanan diterimanya pada tahun 1914, Rutherford dianugrahi gelar kebangsawan. Ia meninggal di Cambridge pada tanggal 19 Oktober 1937, dan dimakamkan di Westminster Abbey, di London. Laboratorium Mond, Cambridge.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s