Hukum Pascal dan Prinsip Hidrolik


(Pustaka Fisika). Pascal pernah mengeluarkan pernyataan terkenal bahwa “Tekanan yang diberikan pada fluida dalam sebuah wadah tertutup maka tekanannya akan diteruskan sama besar dan merata kesemua arah”.

(media.noria.com)

Selanjutnya pernyataan ini lebih dikenal sebagai Hukum Pascal. Blaise Pascal adalah seorang Fisikawan-Matematikawan terkenal berkebangsaan Perancis. Sejak kecil dia sudah menunjukkan tanda-tanda bakat dan kecerdasan yang luar biasa. Dia dibesarkan oleh seorang ayah yang bekerja sebagai seorang penarik pajak pada sebuah kantor pajak. Masa-masa awal karir keilmuwannya adalah saat dimana dia memberikan kontribusi yang sangat besar pada bidang kajian untuk study prilaku fluida, serta memperjelas konsep tekanan dalam ruang hampa ditambah dengan tinjauan yang sudah dibangun sebelumnya oleh Evangelista Torricelli.

Saat masih menginjak usia remaja, dia sudah berhasil menemukan sebuah metode perhitungan sederhana sebagai cikal bakal pembuatan mesih hitung yang didasari oleh metodenya tersebut. Dan setelah beberapa tahun melakukan usaha dengan giat, ditambaha dengan sederetan alat yang sudah dia temukan, ia selanjutnya berhasil membuat kalkulator mekanik pertamanya.

Prinsip Hidrolik

Pascal sangat mendalami bidang Hidrostatika dan Hidrodinamika yang terpusat pada prinsip cairan hidrolik (salah satu metode yang menggunakan fluida sebagai pengganda gaya). Dia telah membuktikan bahwa “Tekanan hidrostatika tidak bergantung pada berat dari suatu fluida, tetapi sangat berhubungan dengan perbedaan ketinggian fluida tersebut”. Hal ini dia buktikan dengan sebuah percobaan menggunakan tong yang diisi dengan air dan diletakkan pada ketinggian tertentu.

Komponen-komponen yang ada dalam system hidrolik adalah terdiri dari:

Wadah: Berfungsi untuk menampung seluruh volume dari fluida

Pompa: Berfungsi untuk mengubah energi mekanik menjadi energi hidrolik

Katup: Berfungsi untuk mengatur dan mengarahkan aliran dari fluida

Aktuator: Adalah hasil akhir dari prinsip pascal, mengubah energi fluida diubah kembali menjadi energi mekanik.

Sistem hidrolik menggunakan fluida yang sifatnya inkompressible untuk mengirimkan gaya dari satu titik ketitik lainnya disepanjang jalur yang dilewati fluida tersebut. Dengan dibantu oleh metode ini kita dapat menghasilkan output gaya yang sangat besar, hanya dengan menggunakan input gaya yang kecil. Hasil perpaduan gaya yang sagat besar dapat dicapai dengan menggunakan prinsip ini.

(hyperphysics.phy-astr.gsu.edu)

Contoh penerapan tekhnologi dari prinsip ini adalah pada penggunaannya dalam sistem pengangkat mobil hidrolik. Alat ini menggunakan dua penampang yang besarnya berbeda. Cairan dalam penampang yang lebih kecil diteruskan kepenampang yang lebih besar.

(hyperphysics.phy-astr.gsu.edu)

Misalnya, jika penampang besar mempunyai ukuran 25 cm, dan diameter penampang kecil sebesar 1,25 cm, maka perbandingan luasnya adalah 400, jadi dari prinsip pascal ini gaya yang dihasilkan sebesar 400 kali dari gaya yang diberikan. Untuk mengangkat mobil seberat 6000 N maka anda harus memberikan gaya sebesar 6000 N/400 = 15 N.

Advertisements

One thought on “Hukum Pascal dan Prinsip Hidrolik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s