Ternyata 1 ons Bukan 100 gram


(Pustaka Fisika). Ternyata apa yang pernah kita dapatkan selama ini di bangku sekolah bahwa 1 ons sama dengan 100 gram adalah keliru. Berdasarkan penentuan dari Direktorat Metrologi (lembaga yang berwenang atas sistem tukar-timbang dan ukur di Indonesia) yang telah melarang penentuan 1 ons ekivalen dengan 100 gram. Hal ini dikarenakan, satuan ons bukanlah bagian dari sistem metrik dan selama ini tidak pernah ada pengakuan Internasional yang menyatakan 1 ons sama dengan 100 gram.

Sistem konversi satuan berat yang umum dipakai dan sah secara Intenasional adalah sistem avoirdupois/avdp (dibaca: avoirdupoiz). Salah satu konversi yang ditetapkan oleh sistem di atas adalah sebagai berikut:

1 ounce/ons/onza = 28,35 gram (bukan 100 gram)

Kita bisa melihat perbedaan yang sangat jauh dari nilai yang sudah kita tahu selama ini. Bisa kita bayangkan jika kesalahan ini diterapkan oleh seorang koki yang ingin membuat makanan yang bertaraf Internasional, dimana setiap menu yang akan digunakan sudah ditentukan ukurannya berdasarkan satuan standar yang ditentukan secara Internasional. Apakah makanan yang dihasilkan akan sesuai dengan yang diinginkan? Jawabannya tentu sudah sangat jelas.

Permasalahan ini akan lebih fatal lagi jika seorang apoteker akan meracik obat yang seharusnya hanya diberi 28 gram, namun diberi 100 gram? Apakah kesalahan yang ia buat bisa sangat fatal, di mana obat yang dibuat tidak berfungsi sebagaimana yang diharapkan, bahkan bisa saja berubah menjadi racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Sumber: di kutip dan di edit seperlunya dari Fisika Jilid 2 Ed 3, 1984.

Advertisements

One thought on “Ternyata 1 ons Bukan 100 gram

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s