Albert Abraham Michelson Menggugat Eter (1852-1931)


(Pustaka Fisika). Fisikawan ini lahir di Strelno, Polandia pada tanggal 19 Desember 1852. Ketika baru berusia 2 tahun, ia dan keluarganya pindah ke Amerika Serikat, dan mengubah kewarganegaraan menjadi warga negara Amerika Serikat. Michelson dan keluarganya tinggal di San Fransisco. Ia adalah Fisikawan pertama dari Amerika Serikat yang menerima hadiah Nobel dalam bidang Sains. Michelson muda masuk sekolah menengah di San Fransisco pada tahun 1859. Setelah lulus, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Akademi Kelautan Amerika Serikat. Pada tahun 1873 ia mengarungi Hindia Barat selama 2 tahun sebelum ia memutuskan menjadi dosen Fisika dan Kimia di Akademi di bawah Admiral Sampson.

Pada tahun 1879 ia ditempatkan di Kantor Penanggalan Laut, Washington. Setahun setelah itu, ia melanjutkan studynya ke Eropa. Ia masuk Universitas Berlin dan Heidelberg College of France, dan Politeknik Ecole di Paris. Pada tahun 1883, Michelson kembali ke Amerika Serikat dan menjadi professor di Sekolah Fisika Terapan, Cleveland, Ohio, dan Universitas Clark, Worcester, Massachusetts pada tahun 1890 serta dari Universitas Chicago pada tahun 1892. Di Chicago, Michelson adalah orang pertama yang menjabat sebagai ketua jurusan.

Gambar: interferometer Michelson

Sepanjang karier keilmuwannya, Michelson sudah banyak melakukan penelitian di bidang Fisika. Salah satunya adalah keberhasilannya dalam menentukan besar kecepatan cahaya dengan ketepatan yang tinggi menggunakan alat yang ia buat sendiri. Pada tahun 1887, Michelson menemukan alat Interferometer yang digunakan bersama kimiawan Amerika Edward Williams Morley. Eksperimen Michelson dan Morley menunjukkan bahwa 2 buah berkas cahaya dalam arah terpisah dari bumi dipantulkan dalam gelombang dengan kecepatan yang sama. Sesuai dengan teori eter, berkas cahaya dapat dipantulkan dalam gelombang dengan kecepatan yang berbeda dalam hubungannya dengan kecepatan bumi. Percobaan ini membuktikan bahwa ternyata eter itu tidak ada. Hasil ini selanjutnnya digunakan untuk perkembangan Teori Relativitas.

Banyak tanda kehormatan yang telah diterima oleh Michelson. Di antaranya adalah Nobel Fisika yang ia dapatkan pada tahun 1907 untuk pengembangan  instrumen. Ia juga terdaftar sebagai anggota perkumpulan cendekiawan bergengsi di beberapa universitas di Eropa dan Amerika. Ia dan istrinya Edna dikaruniai 4 orang anak, satu laki-laki dan tiga perempuan. Michelson tutup usia pada tanggal 9 Mei 1931.

Referensi:

  1. F.D. Anggraini. Ensiklopedia Tokoh Fisika. Balai Pustaka: Jakarta.
  2. phys.vt.edu
  3. studyhelpline.net

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s