Alessandro Volta Penemu Baterai (1745-1827)


(Pustaka Fisika). Nama lengkapnya adalah Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolamo Umberto Volta, lahir pada tanggal 18 Februari 1745.  Ia adalah Fisikawan berkebangsaan Italia dan orang pertama yang menemukan kelistrikan arus konstan. Untuk menghormati jasanya di bidang kelistrikan, namanya digunakan untuk satuan tegangan listrik, yaitu volt. Selain itu, ia juga mendapatkan gelar kebangsawanan dari Raja Prancis, Napoleon Benoparte yang juga berkebangsaan Italia. Penelitian yang dilakukan oleh Volta terdorong karena tulisan ilmiah Luigi Galvani tentang kelistrikan hewan yang membedah seekor katak, kaki si katak bergerak-gerak. Galvani berpikir gerak itu karena sejenis gerakan listrik di sekitarnya.

Dalam melakukan penelitiannya, Volta menggunakan tumpukan voltaik sebagai arus konstan. Tumpukan ini terdiri dari dua keping logam bundar, tembaga dan seng. Di antara dua logam ini di isi lembar kertas atau karton yang terlebih dahulu dibasahi air garam. Pada bagian atas dan bawah keping logam dipasang kabel tembaga. Ketika Volta menutup sirkuit, listrik pun mengalir melalui tumpukan ini.

Gambar: tumpukan lempeng Volta

Arus Volta ini kemudian dimanfaatkan ilmuwan lain untuk mengurai air secara listrik atau yang dikenal dengan nama proses elektrolisis, yaitu untuk mengendapkan logam-logam mulia, membentuk elektromagnetik, dan untuk keperluan lainnya. Hasil penelitiannya dipublikasikan tanggal 20 Maret 1800. Sepanjang hidupnya fisikawan ini telah melakukan banyak percobaan, dan telah memberikan banyak sumbangan dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Pada tahun 1769 dan 1771, ia berhasil memperbaiki kerja elektrometer, tahun 1777 Volta menemukan elektrofotor, alat yang memproduksi beban biaya statis, dan ia juga menemukan audio-meter, pistol listrik, dan lampu gas. Alessandro Volta tutup usia pada tanggal 5 Maret 1827. Fisikawan ini memang telah lama wafat, tapi sumbangannya untuk ilmu pengetahuan akan selamanya dikenang dunia.

Referensi:

  1. F.D. Anggraini. Ensiklopedia Tokoh Fisika. Balai Pustaka: Jakarta.
  2. wikipedia.org

Advertisements

One thought on “Alessandro Volta Penemu Baterai (1745-1827)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s