Menentukan Variabel Eksperimen Fisika


(Pustaka Fisika). Ilmu fisika adalah salah satu cabang dalam ilmu pengetahuan alam yang mempelajari dan memberikan penjelasan dari fenomena alamiah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam melakukan ini, diantara cara yang bisa digunakan adalah melalui eksperimen, yang dapat diartikan sebagai adanya tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengamati hubungan sebab akibat dari suatu gejala.

Dalam bereksperimen, tentunya kita akan melakukan suatu pengukuran terhadap besaran-besaran yang terlibat dalam proses eksperimen tersebut. Besaran ini selanjutnya dinamakan besaran eksperimen. Berdasarkan sifatnya, variabel eksperimen sering dibagi dalam tiga jenis, yaitu:

1. Variabel Bebas

Variabel yang nilainya dapat diubah-ubah sesuai dengan kehendak si pelaku eksperimen. Hal ini dilakukan untuk mengetahui ada/tidaknya pengaruh yang ditunjukkan terhadap perubahan besaran yang lain (variabel terikat).

2. Variabel Terikat

Variabel yang nilainya tergantung dari nilai variabel bebas. Variabel ini diukur dari perubahan yang terjadi pada variabel bebas. Karena nilainya yang tergantung dari variabel bebas maka dinamakan variabel terikat.

3. Variabel Kontrol

Variabel yang nilainya dijaga tetap, sehingga tidak memberikan pengaruh terhadap variabel terikat. Variabel ini harus ada untuk memberikan jaminan bahwa perubahan yang terjadi pada variabel terikat hanya disebabkan oleh variabel bebas.

Sebagai contoh, dalam kegiatan eksperimen tentang pengaruh gaya tarik F terhadap percepatan benda yang ditarik a pada lantai yang licin. Hasil dari eksperimen ini sudah jelas yaitu berdasarkan pada hal yang telah ditemukan oleh Newton yang dirumuskan pada Hukum kedua Newton.

F = m . a

Gambar: Rancangan eksperimen Hukum II Newton

Dari hukum ini, kita dapat melihat bahwa gaya tarik F berbanding lurus dengan percepatan benda a. Secara matematis dapat dituliskan dengan:

F ~ a

Dari kegiatan eksperimen ini, dapat ditentukan variabel-variabel yang terlibat, yaitu:

Variabel Bebas: Karena kita ingin mengatahui pengaruh gaya tarik F, maka yang harus diubah adalah nilai dari F. Jadi variabel bebas dalam eksperimen ini adalah gaya tarik F.

Variabel Terikat: Perubahan nilai pada besaran F bertujuan untuk mengatahui ada/tidaknya pengaruh pada percepatan benda a. Hal ini berarti percepatan benda a adalah variabel terikat karena besaran ini bergantung pada perubahan gaya tarik F.

Variabel Kontrol: Variabel kontrol adalah massa benda m, karena nilai besaran ini harus tetap agar pengaruh gaya tarik F terlihat jelas pada percepatan benda a.

Materi diolah dari: Ari Damari. Panduan Lengkap Eksperimen Fisika SMA.

Gambar dari: sciencecube.com, www2.selectsoft.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s