Ada Sungai di Planet Mars


(Pustaka Fisika). Badan Antariksa dan Penerbangan Amerika Serikat (NASA) mengkonfirmasi keberhasilan mereka menemukan keberadaan jejak sungai kuno yang ada di planet Mars. Menggunakan Robot penjelajah Curiosity, mereka berhasil mendapatkan foto batuan dan kerikil di dekat lokasi pendaratannya di kawah Gale.

Gambar: robot penjelajah Curiosity

Dari bentuk batuan yang ditemukan, para peneliti berkesimpulan bahwa dahulu kala Mars pernah memilliki aliran air dalam bentuk sungai dalam jangka waktu yang sangat lama. Sungai ini bahkan mengalirkan air dengan sangat deras. Para peneliti saat ini sedang melanjutkan penelitian untuk mengungkap seberapa panjang kelokan aliran sungai tersebut. Penemuan ini disambut gembira oleh para peneliti dan di klaim sebagai bukti yang paling akurat dari dugaan tentang keberadaan air di planet Mars. Sebelumnya, para peneliti hanya dapat berhipotesis tentang keberadaan  air di Mars berdasarkan hasil citra yang di dapatkan melalui satelit pengamat. Pakar geomorfologi William Dietrich mengatakan bahwa, batu dan kerikil yang ditemukan di lokasi pendaratan jelas menunjukkan bahwa batu ini pecah dan halus tersapu oleh aliran air. Bukti ini dapat diteliti lebih lanjut untuk menghitung berapa banyak air yang pernah membasahi Mars, serta usia dari keberadaan air tersebut.

Gambar: batuan kerikil Mars

Dengan ditemukannya bukti ini, tentunya akan sangat menggoda untuk memunculkan sebuah pertannyaan “Benarkah pernah ada kehidupan di Mars”?.  Namun, Jhon Grotzinger, peneliti yang juga aktif dalam program ini belum berani menyimpulkan adanya kemungkinan ini. Grotzinger menegaskan bahwa, diperlukan penelitian lebih lanjut tentang bukti-bukti selain air untuk sampai pada keyakinan tentang terdapatnya kehidupan di planet Mars. Walaupun memang, kondisi Mars telah menunjukkan kemungkinan kelayakhunian Mars sebagai tempat hidup seperti air, sumber energi, dan karbon organik.

Gambar: kemiripan batuan Bumi dan Mars

Robot penjelajah Curiosity pertamakali diluncurkan dari Bumi pada bulan November 2011, dan berhasil melakukan pendaratan di planet Mars pada Agustus 2012. Robot ini digunakan oleh NASA dalam rangkaian misinya dii planet Mars, Mars Science Laboratory (MSL). Kita tunggu saja penemuan lebih lanjut yang akan dilakukan oleh Robot Curiosity.

Di olah dari news-about-space.org

Gambar dari:

  1. nasa.gov
  2. theatlantic.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s