Pembahasan Lintasan Gerak Peluru


(Pustaka Fisika). Gerak peluru merupakan jenis gerak yang memiliki lintasan melengkung karena pengaruh percepatan gravitasi dan hambatan udara. Dalam peristiwa sehari-hari, contoh ragam jenis gerak peluru diantaranya ialah:

  1. Pada bola basebal yang sedang dipukul
  2. Benda yang dijatuhkan dari atas pesawat
  3. Peluru ketika ditembakkan dari moncong senapan (Trayektori)
  4. Bola yang sedang dilempar

Sebelum menganalisis gerak peluru, perlu dilakukan pendekatan dengan menetapkan suatu model ideal dan memperlakukan peluru sebagai sebuah partikel yang mengalami percepatan gravitasi. Untuk memudahkan analisis, hambatan udara, kelengkungan dan pengaruh rotasi bumi dapat kita abaikan. Meskipun pada kenyataannya kelengkungan bumi merupakan poin penting dalam ketepatan perhitungan sepeti kasus lintasan tembakan pada peluru kendali.

Langkah selanjutnya adalah dengan membatasi bidang gerak peluru di dua bidang yakni vertikal (sumbu x) dan horisontal (sumbu y). Pembagian bidang ini sangat penting karena merupakan kunci dari analisis gerak peluru. Selanjutnya, bidang vertikal sangat ditentukan oleh arah kecepatan awal yang berlaku pada gerak peluru, mengingat bahwa arah kerja dari percepatan gravitasi hanya pada bidang vertikal. Olehnya itu, jenis gerak ini termasuk dalam jenis gerak dua dimensi.

Dua dimensi, x dan y ditinjau secara terpisah untuk melakukan perhitungan. Pada bidang x, percepatannya adalah nol, dan pada bidang y berlaku percepatan gravitasi yang nilai tetap –g. Jadi sampai disini, kita dapat menarik kesimpulan bahwa gerak peluru merupakan kombinasi dari dua jenis gerak yakni gerak horisontal dengan kecepatan tetap dan gerak vertikal dengan percepatan tetap.

Pada bidangĀ  x selanjutnya berlaku persamaan:

Untuk gerak pada bidang y berlaku:

Selanjutnya persamaan-persamaan yang berlaku pada gerak peluru adalah:

Advertisements

One thought on “Pembahasan Lintasan Gerak Peluru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s