Akhir Riwayat Matahari: Kapan Matahari Padam?


(Pustaka Fisika). Kapan Matahari kita akan padam?. Matahari adalah salah satu bintang seperti jutaan bintang lainnya yang menghuni jagat raya. Peristiwa matinya sebuah bintang adalah peristiwa yang sudah sangat sering terjadi alam semesta, ilmuwan sudah berhasil menunjukkan terjadinya peristiwa ini. Yang menjadi pertanyaan adalah kapankah giliran matahari?. Tetapi, cepat atau lambat matahari kita pasti akan mati juga.

Matahari sebagai pusat tata surya kita, saat ini tengah berada pada apa yang  dinamakan dengan kesetimbangan dinamis antara gravitasi dan proses reaksi fusi untuk menghasilkan energi. Sebagaimana yang telah dipahami bahwa proses fusi adalah proses yang melibatkan gabungan massa (hidrogen) yang berubah menjadi massa lainnya (helium) sanbil membebaskan energi. Selama masih terdapat hidrogen di matahari, maka proses ini akan terus terjadi.

Diperkirakan, persediaan hidrogen saat ini yang ada di matahari masih dapat membuatnya beraktivitas hingga 5 milyar tahun lagi. Tetapi pada akhirnya semua hidrogen akan berubah menjadi helium sehingga tak ada lagi bahan baku yang bisa digunakan oleh matahari untuk melakukan proses fusi-nya. Disinilah akhir riwayat matahari.

Astronom masih mengkaji semua tahapan yang akan dilewati oleh matahari menuju proses kematiannya. Tetapi mereka sudah menemukan bahwa matahari kita saat ini secara perlahan mengalami proses pembekakan. Proses ini sudah dimulai sejak matahari kita pertama kali bersinar dan terus berlangsung hingga saat ini. Ilmuwan memprediksi, nantinya matahari kita akan berubah 100 kali lebih besar dari ukurannya sekarang.

Singkatnya, sebelum kematiannya matahari akan berubah menjadi bintang merah raksasa. Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, hal ini akan terjadi 5 milyar tahun dari sekarang, tetapi 1 milyar tahun sebelum itu, bumi sudah dapat merasakan efeknya. Suhu permukaan bumi pada waktu itu sekitar 100 derajat lebih tinggi dari saat ini. Bisa kita bayangkan, tidak akan ada kehidupan disuhu seperti itu. Lautan akan kering habis menguap ke langit dan planet bumi akan memanas seperti planet Venus. Jadi, kita tidak akan melihat proses kematian matahari terjadi, karena jauh sebelumnya kehidupan bumi telah terlebih dahulu berakhir.

Materi lainnya:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s