Sifat Zat (Properties Of Matter)


(Pustaka Fisika). Pembahasan kali ini, kita akan meninjau tentang sifat zat. Tulisan kali ini hanyalah untuk melengkapi tulisan yang lalu tentang materi Zat dan Wujudnya. Berikut materinya:

Zat atau materi dalam fisika di defenisikan sebagai segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Zat dapat ada dalam berbagai wujud, seperti; dalam bentuk padat, gas, cair, dan plasma. Ada beberapa sifat-sifat utama yang dimliki oleh zat-zat tersebut, seperti massa, volume, kepadatan, inersia (kemampuan mempertahankan keadaan), dan lain-lain. Dalam fisika, sifat-sifat tersebut dikelompokkan menjadi sifat yang dapat diamati (sifat fisika) dan sifat tidak teramati (sifat kimia).

Massa Zat

Massa menyatakan tentang jumlah materi yang dimiliki oleh suatu zat. Massa disimbolkan dengan m. Dalam SI, massa dinyatakan dalam satuan Kilogram (Kg), atau dalam cgs diberi satuan gram.

Volume

Volume berhubungan dengan dimensi yang dimiliki oleh zat. Volume juga dikaitkan dengan sifat zat yang dapat menempati ruang. Disimbolkan dengan V, dalam SI diberi satuan m³, atau cm³.

Massa Jenis (densitas)

Massa jenis atau kepadatan adalah jumlah massa dalam satuan volume. Sifat inilah yang menjadi ciri kekhasan dari materi. Setiap jenis materi memiliki massa jenis tersendiri. Massa jenis disimbolkan dengan ρ (baca: rho), dan diberi satuan kg/m³, atau gr/cm. Massa jenis dapat ditentukan melalui:

ρ = massa benda dibagi volume benda

Massa Jenis Campuran 

Secara sederhana, campuran dapat dipahami bahwa zat ini tersusun atas dua hal yang berbeda. Jika campuran ini tersusun atas dua zat yang sejenis, maka kita sebut dengan campuran sejenis atau campuran homogen. Begitupun sebaliknya, jika penyusun campurannnya dari zat yang berbeda jenis dapat disebut dengan campuran tak sejenis atau campuran heterogen. Massa jenis campuran dapat juga kita simbolkan dengan ρ, namun sebaiknya diberi keterangan campuran untuk membedakannnya dari massa jenis yang pertama. Massa jenis campuran dapat ditentukan dengan caraL

ρ campuran = massa total dibagi volume total = m1 + m2 + m3 + …. + mn dibagi vi + v2 + v3 + …. + vn.

Inersia

Salah satu sifat lain dari materi adalah inersia. Inersia adalah kemampuan suatu zat untuk mempertahankan keadaannya. Diperlukan gangguan luar berupa gaya untuk melawan sifat inersia ini.

Elastisitas

Jika suatu zat diberi gangguan eksternal berupa gaya, ini akan menyebabkan terjadinya perubahan pada zat tersbut. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan dalam hal struktur molekul dari zat selanjutnya dapat menyebabkan perubahan bentuk zat. Suatu zat yang mampu kembali ke bentuknya semula ketika gaya berhenti bekerja, maka zat ini disebut memiliki sifat elastis. Jadi, elastisitas adalah kemampuan suatu zat atau materi kembali ke bentuk semula.

Materi lainnya:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s