Pemanfaatan Radioisotop Nuklir


(Pustaka Fisika). Pemanfaatan Radioisotop nuklir yang dihasilkan dari reaktor atom dapat  untuk bermacam-macam keperluan. Keperluan tersebut diantaranya untuk bidang kedokteran, pertanian, industri, dan lain-lain. Radioisotop adalah isotop yang radioaktif. Unsur stabil bila dimasukkan ke dalam reaktor akan menjadi tidak stabil. Misalnya Co (kobalt) setelah dimasukkan ke dalam reaktor atom, menyerap netron dan menjadi isotop yang radioaktif dengan memancarkan sinar gamma.

Proses radioisotop tersebut merupakan salah satu aktivitas nuklir yang biasa terjadi dalam sebuah rektor atom. Reaktor atom disebut juga reaktor inti. Selain untuk menghasilkan radioisotop, reaktor inti juga dapat menghasilkan:

  • Plutonium dari unsur U-238. Plutonium ini dipakai sebagai bahan dasar bom nuklir
  • Untuk menghasilkan neutron untuk bahan penelitian
  • Menghasilkan energi. Energi kalor yang dihasilkan dipakai untuk menjalankan mesin pembangkit listrik (PLTN)

Berikut ini pemanfaatan radioisotop nuklir dalam beberapa bidang:

1. Bidang Kedokteran

Radiasi sinar gamma dapat membunuh bakteri sehingga radioisotop dipakai untuk sterilisasi, Alat-alat bedah, alat-alat suntik, dan alat-alat kedokteran yang lain disterilkan dengan radiasi sinar gamma. Isotop kobalt dapat dipakai untuk membunuh sel-sel kangker. Radioisotop yodium untuk menyembuhkan tumor dalam kelenjar tiroid dengan cara disuntikkan. Sterilisasi dengan menggunakan radioisotop dipakai dalam industri makanan supaya makanan tahan lama.

2. Bidang Pertanian

Sinar gamma menimbulkan perubahan dalam struktur dan sifat kromosom sehingga menghasilkan generasi yang lebih baik. Misalnya, gandum dengan batang yang lebih pendek.

3. Bidang Industri

Kebocoran pipa yang ditanam di dalam tanah dapat diketahui dengan radioisotop, tanpa penggalian tanah. Dalam hal ini radioisotop dipakai sebagai perunut (pencari jejak). Zat radioisotop itu dimasukkan ke dalam pipa dan dengan pencacah Geiger dapat diketahui tempat kebocoran pipa. Keroposan pada bagian pengelasan antar logam dapat diketahui dengan radiasi sinar gamma. Bagian yang sudah keropos atau rusak gambarnya tidak merata.

Materi lainnya:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s